Sewa Alat Panitia Malang dan Surabaya
Search
Close this search box.

Alat yang harus ada ketika camping

peralatan camping
Alat yang harus ada ketika camping

Berkemah merupakan kegiatan berkelompok yang dilakukan secara outdoor. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh kelompok, lembaga, karyawan kantor untuk mempererat tali persaudaraan. Camping dapat dinikmati banyak orang dari anak-anak hingga orang dewasa. Camping juga banyak memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan bukan hanya itu saja, anak-anak juga akan mendapatkan manfaat positif jika sering diajak camping. Oleh karena itu kegiatan ini selain untuk bersenang-senang sifatnya juga untuk mengedukasi.

Bagaimana jika kalian belum pernah berkemah di alam? hal pertama yang harus dilakukan mulailah dengan mengunjungi tempat perkemahan yang ingin dituju. Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan terjadi saat hari perkemahan. Berkelilinglah untuk meninjau ulang dan menyiapkan barang2 yang tepat dibawa berkemah nantinya. Dengan berkemah kalian juga akan belajar mandiri. Selain menyenangkan, ternyata berkemah memiliki banyak manfaat, seperti menenangkan pikiran, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan motivasi untuk beraktivitas kembali.

peralatan camping
Alat yang harus ada ketika camping

Untuk berkemah perlu memperhatikan hal-hal penting yang perlu dibawa, yaitu:

1. Perlengkapan tenda

2. Kompor portable

3. Peralatan dasar memasak

4. Sleeping bag

5. Matras

6. Penerangan, headlamp dan baterai cadangan

7. Kantong plastik untuk sampah

8. Jaket, baju ganti, jas hujan

9. Sepatu, sandal, dan kaos kaki

10. Pisau serbaguna

11. P3K

Selain peralatan camping di atas, ada hal lain yang harus diperhatikan untuk berkemah. Kalian juga wajib menyiapkan fisik untuk menyambut hawa dingin di malam hari yang akan datang. Tak harus melakukan latihan fisik yang berat, cukup dengan menjaga kebugaran dan kesehatan agar tetap dalam kondisi terbaik saja sudah cukup untuk latihan. Kalian harus memperhatikan keadaan sebelum berangkat dengan tubuh yang sehat, istirahat yang cukup, serta tidak sedang mengalami sakit atau dalam perawatan kesehatan tertentu. Hal ini perlu diperhatikan agar tidak merepotkan orang lain dan diri sendiri. Jika Anda memiliki anak kecil, Anda juga memerlukan perlengkapan seperti popok dan botol air. Ingatlah untuk membawa banyak air juga, karena  tempat perkemahan biasanya memiliki beberapa penjual minuman.