Jenis-jenis Proyektor

jenis-jenis proyektor

Proyektor ialah suatu alat yang dapat mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik, dan tampilan yang bertujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke layar/dinding agar tampak lebih besar.

Fungsi dari proyektor ialah menjadi alat presentasi, media informasi, media hiburan (home theater). Sifatnya yang portable dapat dibawa kemana saja mempermudah untuk dibawa.

Selain itu proyektor sekarang sudah dilengkapi dengan tas pelindung yang akan menggunakan proyektor kalian.

Gambar mati (still picture) adalah berupa gambar, foto, diagram, table, ilustrasi, dan sebagainya baik berwarna atau hitam putih yang akan diproyeksikan ke suatu layar (screen).

Terdapat berbagai jenis media gambar mati yang akan diproyeksikan yaitu Overhead Projector + Overheat Transparance (OHP+OHT), Slides/Film bingkai, Film strip/Film rangkai, Epidiascope, Komputer + multimedia projector.

jenis-jenis proyektor

Seiring berkembangnya teknologi jenis-jenis dari proyektor menjadi lebih bervariasi dan berkembang, sebagai berikut;

1. Proyektor LCD yang berfungsi sebagai OHP atau Overhead Projector karena pada dasarnya data yang ditampilkan adalah tulisan yang terdapat di kertas bening.

2. Proyektor LCOS merupakan gabungan dari LCD dan DLP, dengan resolusi kamera mencapai 2048×1536 pixel atau setara dengan QXGA.

3. Proyektor Digital yang terdapat 4 macam teknologi yang dimiliki oleh proyektor digital adalah proyektor LCD, intensitas tinggi dari CRT, teknologi DLP, dan juga LCD proyektor.

4. Proyektor DLP yang memiliki berbagai resolusi 800 x 600, 1024 x 768,  1280 x 720 yang dilengkapi dengan colour filter yang diubah menjadi  digital micromirror device (DMD).

5. Proyektor CRT memiliki 3 CRT dan lensa pembesar untuk menampilkan gambar dari sumber, yang berperan memproyeksikan gambar utama yakni merah, hijau, dan juga biru

Cara kerja proyektor secara sederhana didasarkan pada prinsip pembiasan cahaya, seperti dalam pemahaman kita tentang proyektor yang berfungsi untuk menampilkan gambar dari komputer ke layar.

Dimana cahaya  dihasilkan oleh tiga panel LCD yang dipisahkan berdasarkan tiga warna primer seperti merah, hijau dan biru. Panel yang tersusun akan memancarkan cahaya dari proyektor.

Semua cahaya akan melewati panel dan berpadu pada prisma dalam perangkat proyektor. Kombinasi cahaya kemudian dipancarkan ke layar proyeksi atau media reflektif datar sehingga objek di komputer/laptop dapat diproyeksikan  dengan baik ke layar.

Artikel lainnya