Blog

Tips Untuk Sewa HT Surabaya

Sewa HT di Surabaya, anda memerlukan HT untuk acara anda ? dan anda sangat awam dengan HT ?. Berikut kami akan berikan tips dan trik agar anda tidak terlalu mengeluarkan budget yang banyak namun dapat mencover kebutuhan anda.

  1. Ketahui jarak atau jangkauan yang anda butuhkan.

Sebelum anda menyewa HT pastikan anda mengetahui jarak atau jangkauan yang anda perlukan, apabila jarak yang anda butuhkan kurang lebih 1 kM maka HT dengan power 2 watt sudah cukup untuk mencover jarak anda. Namun perlu diketahui jarak sebuah HT juga dipengaruhi oleh banyaknya halangan yang akan saya jelaskan di poin berikutnya.

  1. Analisa area anda

Anda sewa HT di Area Surabaya sudah pasti banyak gedung beton di area anda, hal tersebut akan mengurangi jangkauan HT anda karena gelombang radio akan terpantul sana sini sehingga akan menambah waktu delay untuk sampai di HT penerima, Sebenarnya dengan HT 2 watt utuk kondisi LOS / jarak pandang mata tanpa halangan bisa mencapai lebih dari 2 KM, namun jarak akan tereduksi dengan banyaknya gedung diarea anda. Untuk pemakaian dalam kampus dengan HT 2 watt kemungkinan maksimal jarak aman -+600 meter.

 

  1. Pemilihan power HT

Dari poin-poin sebelumnya saya sering mengatakan power ht 2 watt karena HT dengan power 2 watt merupakan HT untuk kepanitian yang sering digunakan, untuk power dibawah 2 watt saya tidak sarankan, tentunya semakin besar watt juka semakin jauh jangkauan , namun penambahan jarak tidak dapat dihitung secara sederhana, contoh apabila HT dengan power 2 watt dapat menempuh jarak 1 KM maka untuk HT dengan power 4 watt kemungkinan jaraknya hanya bertambah 500 meter jadi hanya 1,5 KM. Pemilihan power sangat penting juga untuk untuk menyesuaikan budget anda semakin besar watt harga sewa tentunya juga semakin mahal.


  1. Ketahui jenis frekuensi

Saat ini frekuensi HT yang sering digunakan ada 2 yaitu UHF dan VHF. Apabila anda menyewa semua ht dari satu vendor anda tidak perlu mempermasalahkan jenis frekuensi karena semua HT pastinya sudah terintegrasi, namun apabila anda memiliki ht yang digabung dengan ht lain contoh : HT milik keamanan kampus ,maka anda sebelumnya anda harus tahu jenis frekuensi yang digunakan oleh keamanan kampus karena ada HT yang single band , artinya hanya menggunakan salah satu frekuensi UHF/ VHF yang akan jadi masalah bila beda frekuensi dengan ht milik keamanan kampus, namun ada juga HT yang dualband artinya dapat menggunakan UHF / VHF yang tidak akan menjadi masalah namun tentu harganya lebih mahal, biasanya HT dualband adalah HT yang memiliki layar.