Tips memilih sleeping bag

tips memilih sleeping bag
Tips memilih sleeping bag

Buat kalian yang hobi mendaki gunung tentu saja akan bermalam di sana, karena untuk mencapai puncak pendakian memerlukan waktu yang lama dan juga perlu istirahat. Pos peristirahatan di pendakian berbeda dengan camping di pegunungan dan pantai, suhu udara di pendakian lebih rendah sehingga diperlukannya perlengkapan extra.

Untuk itu penting bagi kita untuk memilih perlengkapan tidur yang tepat agar tubuh kita terlindungi dari hawa dingin yang ekstrim. Sleeping bag merupakan salah satu barang  wajib yang perlu dibawa pendaki.

tips memilih sleeping bag
Tips memilih sleeping bag

Sleeping bag atau kantong tidur adalah sebuah selimut yang berbentuk seperti tas ini difungsikan sebagai alas tidur untuk para pendaki. Bentuknya yang panjang seperti tas dapat memberikan kehangatan pada tubuh untuk melindungi diri dari cuaca ekstrim.

Sleeping bag dapat difungsikan di dalam maupun diluar ruangan terutama untuk pendakian gunung, maupun kegiatan berkemah. Sleeping bag dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan kebutuhannya, seperti sleeping bag rectangle (tikar), sleeping bag tapered, dan sleeping bag mummy.

Untuk pendakian gunung kita harus memilih sleeping bag yang sesuai dan nyaman untuk dipakai, berikut tipsnya:

1. Pilih bahan yang sesuai

– Bahan Parasit : beratnya cukup ringan, dilapisi dengan kapas / bulu dibagian tengahnya menjadi lebih hangat.

– Bahan Polyester : beratnya lebih ringan dan mudah kering ketika basah.

– Bahan Dacron : berat cukup tebal dan memakan tempat tapi hangat ketika dipakai.

– Bahan Polar : bahan yang paling hangat dibanding yang lain dan juga memiliki ukuran yang lebih kecil

2. Pastikan resleting berfungsi dengan baik

3. Tinggi sleeping bag sesuai dengan tinggi badan

4. Memiliki tutup kepala untuk menghangatkan telinga.

Jadi untuk memilih sleeping bag yang bagus yaitu pilih yang sesuai kebutuhan. Sleeping bag bisa dikatakan memiliki kualitas baik bukan dilihat dari modelnya saja, namun harus memperhatikan tingkat kenyamanan dengan bahan yang digunakan.

Pemilihan kain untuk sleeping bag berpengaruh besar dalam penggunaannya, kain yang digunakan harus nyaman dan tidak mudah kusut serta mudah dibersihkan. Hal terpenting dalam pemilihan sleeping bag adalah tingkat kehangatan.